Berapa lama kita menggunakan handphone dalam sekali waktu, biasanya handphone digunakan waktu yang cukup lama saat bermain game dan memutar musik ini juga termasuk pemborosan daya baterai. Baiknya kita memperhatikan kondisi handphone apakah sudah mulai panas di body handphonenya jika memang iya alangkah baiknya di stop dulu permakainnya bisa di matikan atau di restart kembali setelah itu kita biarkan saja dengan begitu kita bisa mengembalikan suhu kondisi komponen mesin handphone menjadi stabil jika dibiarkan terus terusan akan menimbulkan ketahanan IC menjadi lemah akan berdampak pada kerusakan.
Pengguna handphone terkadang tidak memperhatikan betapa pentinganya perawatan handphone agar tidak mudah rusak. Namun beberapa pengguna ada yang peduli dari mereka membelikan pengaman dari softcase atau hardcase suapaya tidak tidak mudah lecet dan jika jatuh ada penahannya. Ada juga yang melindungi layar lcd nya dengan memberi screen guard agar tidak mudah pecah dan busam. Namun buat saya pribadi lebih mengutamakan perawatan di baterai bagaimana kita menjaganya supaya baterai tidak mudah rusak dan cepat menggelembung disini saya akan memberi tipsnya mudah mudahan bermanfaat. Sebenarnya Yang akan saya bahas khusus pengguna iphone karena  iphone menggunakan baterai tanam. Akan mengalami kesulitan untuk menggantinya jika baterainya rusak apabila mau dilepas harus membuka tutup belakang memggunakan obeng.  Khusus untuk iphone 5 lebih sulit lagi karena jka mau mengambil baterai harus membuka lcd sangat retan akan pecah harus dilakukan dengan hati hati.

Perawatan baterai lebih diutamakan, dengan cara menjaga supaya tidak mudah rusak dan cepat menggelembung. Berikut ini tips perawatannya agar lebih awet, sbb. :

1. Berapa lama kita menggunakan handphone dalam sekali waktu, biasanya handphone digunakan       waktu yang cukup lama saat bermain game dan memutar musik ini juga termasuk pemborosan daya baterai. Baiknya kita memperhatikan kondisi handphone apakah sudah mulai panas di body handphonenya jika memang iya alangkah baiknya di stop dulu permakainnya bisa di matikan atau di restart kembali setelah itu kita biarkan saja dengan begitu kita bisa mengembalikan suhu kondisi komponen mesin handphone menjadi stabil jika dibiarkan terus terusan akan menimbulkan ketahanan IC menjadi lemah akan berdampak pada kerusakan.
2. Baiknya kita mengggunakan pengontrol waktu atau mode daya rendah baterai di sini fungsinnya untuk melihat berapa persen penggunaan baterai yang sudah berjalan. Dengan menggunakan mode tersebut kita akan merasa lebih memperhatikan rasa kepedulian akan muncul ketika kita melihat kondisi baterai sudah 25% kita sudah mengurangi aktivitas penggunaan handphone.
3. Saya sarankan jangan berlebihan menggunakan aplikasi online, pergunakan aplikasi online yang dibutuhan saja hapus aplikasi yang tidak perlu. Jangan pernah lupa memperbarui aplikasi karena bisa memperlambat load aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi online yang berlebihan seccara atomatis signal notifikasi akan selalu berjalan dan uncul itu bisa menguras daya baterai.
4. Yang paling penting adalah proses dimana kita mengecas hp jangan sampai kelebihan misal sudah penuh lupa melepas charger dan penting untuk kita mengetahui charger apa yang cocok dan aman untuk pengisian ulang baterai handpone kita. Jika memang charger bawaan aslinya sudah rusak saya sarankan untuk mencari charger pengganti yang sesuai. Maksudnya ketika kita menggunakan charger yang sudah tidak ori atau asli lagi hendaknya gunakan charger yang tidak terlalu besar amper nya, kenapa? memang semakin besar semakin cepat tapi tidak menutup kemungkinan jika kita sering lalai untuk melepas charger ketika sudah penuh itu juga tidak baik untuk baterai dan handpone. Pakailahh charger yang amper nya sedang disini saya menggunakan dibawah  dua amper untuk iphone. Jika kamu sudah terlanjur membeli charger pengganti dan ketika dipakai untuk mengecas handphone selalu panas itu tandanya ada masalah di handphone atau di chargernya, solusi awal adalah mencoba mengganti chager dengan yang lain, mungkin bisa pinjem dulu. Kalau memang di diganti charger bahkan yang ampernya kecil sekalipun masih panas bisa dicoba untuk merestore ulang handphone kamu tapi jangan di back up automatis di handphone kamu. Back up secara manual saja agar kita bisa mengembalikan kondisi handphone seperti baru.Setelah restore sudah selesai handphone dicoba kembali di chager apakah masih panas atau tidak. Jika memang masih panas baiknya dibawa ke service handphone untuk di periksa memastikan handphone bermasalah atau tidak. Terakhir ketika mengecas baterai sudah berada di 5% dan kondisi ketika pengecasan harus dimatikan supaya llebih stabil dan aman.

Semoga bermanfaat
Axact

Blogfitripuspito

Selamat datang di blog sederhana.

Post A Comment:

7 comments:

  1. mungkin batraiku rusak gara gara di pakai sambil di carger :|

    ReplyDelete
  2. aku sudah dua kali ganti baterei dalam setahun mungkin sambil ngeces main smartphone kali makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. Bener nih gan, terutama jangan dimainkan waktu dicas

    ReplyDelete
  4. Waduh :v kebiasaan saya ini main pada waktu di cas nice info :D

    ReplyDelete
  5. gua keseringan banget mainan game sehingga batrei gua cepet bocor dan gelembung gendut. semoga dengan tips ini gua bisa lebih tetap menjaga batrei hp gua

    ReplyDelete